The Power Of Emak-Emak Diharapkan Tekan Angka Golput

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati – Sejauh ini Kabupaten Pati sering menempati posisi jumlah golput dalam setiap pemilu. Guna meminimalisir angka golput dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 nanti. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Dukuhseti, gencar melakukan sosialisasi dengan menyasar sejumlah kalangan, salah satunya menggaet ibu rumah tangga.

Bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Bakalan, PPK Dukuhseti melakukan sosialisasi di kalangan ibu-ibu, yang tergabung dalam Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat. Langkah ini dinilai bisa efektif, mengingat seorang ibu adalah sosok yang dekat dengan anggota keluarga.

"Kami terus berusaha menekan angka golput dengan mensosialisasikan langsung Pilkada Serentak dengan berbagai sasaran. Diantaranya dengan mendatangi ibu-ibu," terang Anggota PPK Dukuhseti, Wawan Hariono, Kamis (01-03-2018).

Anggota PPK Dukuhseti menyampaikan materi pelaksanaan Pilgub Jateng 2018. (Istimewa)

Dalam acara yang digelar di aula Balai Desa setempat, anggota PPK yang membidangi sosialisasi itu menyampaikan berbagai hal terkait pelaksanaan Pilgub Jateng 2018. Menurut Wawan, partisipasi masyarakat sangat penting dalam menggunakan hak suara mereka untuk mewujudkan perubahan Jawa Tengah.

”Dengan sosialisasi seperti ini, akan lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat,” jelas Wawan.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bakalan, Latifatun Nikmah, menyambut baik kehadiran badan penyelenggara Pemilu tersebut. Diakui, pada kalangan masyarakat awam seperti ibu-ibu yang kesehariannya dihabiskan di rumah masih minim informasi tentang pelaksanaan Pilkada Serentak.

"Sebagian besar warga masih menilai tidak berguna pencoblosan ketika Pilgub tersebut. Mereka belum paham. Bahkan, ada yang mengatakan, apa gunanya mencoblos, terlebih pada akhirnya kita tidak dapat apa apa,” imbuh Latifatun, “Itu artinya masyarakat masih banyak yang belum memahami secara penuh. Makanya menjadi penting sekali sosialisasi seperti ini.” (IN/AM)

No comments

Powered by Blogger.