Haryanto Serahkan Bantuan 81 Penyandang Disabilitas di Pati

Pati, ISKNEWS.COM - Bupati Pati, Haryanto menyerahkan bantuan usaha dan bantuan konsumtif kepada 81 penyandang disabilitas di Pendapa Kabupaten Pati, pada Senin (19-03-2018) sore.

Bantuan tersebut berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati dan diberikan kepada Komunitas Difabel Pati (Kodipa) sebanyak 33 orang, Lembaga Pemberdayaan Penyandang Cacat Indonesia (LPPCI) 33 orang, dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) 15 orang.

“Selain dari Baznas, kami juga sering menyalurkan bantuan kepada penyandang disabilitas yang bersumber dari APBD Pati,” ungkap bupati dua periode tersebut seusai menyerahkan bantuan secara langsung.

Lanjut Bupati Pati, Haryanto mengatakan, keberadaan Baznas ini sangat bagus. Karena selain untuk para penyandang disabilitas, lembaga ini juga menyalurkan bantuan kepada warga lain yang membutuhkan.
Bupati Pati saat menyerahkan bantuan usaha dan bantuan konsumtif kepada 81 penyandang disabilitas di Pendapa Kabupaten Pati, (19-03-2018). (istimewa)


“Baznas ini sudah menyalurkan bantuan kepada fakir miskin, pengusaha kecil, penjaga dan tukang kebun SD atau MI, bahkan sampai bedah rumah juga. Makanya harus kita dukung,” pesan Haryanto.

Oleh karenanya, ia kemudian membuat kebijakan pemotongan tunjangan penghasilan pegawai (TPP) aparatur sipil negara (ASN) sebesar 2,5 persen yang disalurkan ke lembaga tersebut.

“Tak cuma pemotongan TPP saja, kami juga menganjurkan para ASN untuk menginfakkan gaji pokoknya juga,” ungkap pria asal Desa Raci Kecamatan Batangan tersebut.

Total anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 85 juta, dengan rincian bantuan usaha senilai Rp1,25 juta kepada 16 orang, bantuan usaha sebesar Rp 1 juta untuk 48 orang, dan 17 orang mendapatkan bantuan konsumtif sebanyak Rp 1 juta.
Bupati Pati saat menyerahkan bantuan usaha dan bantuan konsumtif kepada 81 penyandang disabilitas di Pendapa Kabupaten Pati, (19-03-2018). (istimewa)


Sementara itu, salah satu penyandang disabilitas, Suratno, mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan Bupati atas bantuan yang telah diberikan. Ia mengaku sangat terbantu sekali dengan adanya bantuan tersebut.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, dan menambah semangat bekerja para penyandang disabilitas di Pati” tutupnya. (WR/RM)

No comments

Powered by Blogger.