Rumdis Pelda Lulus Lolos Wakili Lomba Tingkat Korem

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Rumah Dinas (Rumdis) Pelda Lulus, lolos mewakili lomba rumah sehat tingkat Korem. Dipilihnya rumah Pelda Lulus karena dianggap oleh tim penilai dari Persit Kartika Chandra Kirana (PCK) Kodim 0718 Pati, layak dan sudah sesuai dengan syarat ketentuan lomba.

Menurut Dandim 0718, Letkol Arm Arief Darmawan yang didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXIX Kodim 0718, Ayu Arief Darmawan, menyampaikan beberapa hal dalam Lomba Rumah Sehat.

“Saya sampaikan, banyak sekali aspek penilaian untuk mengikuti lomba rumah sehat, salah satu diantaranya adalah, Rumah sehat itu harus menjaga kebersihan langit-langit, lantai, dinding, ventilasi udara, kebersihan dapur dan penerangan yang baik,” katanya.

Jajaran Kodim 0718 Pati. (Istimewa)

Selanjutnya, Sarana dan Prasarana (Sarpras) sanitasi yang meliputi sarana air bersih, jamban, pembuangan air limbah serta tempat pembuangan sampah. Penghuni rumah harus berperilaku aktif dalam berkehidupan sehari-hari yang meliputi membuka ventilasi udara kamar, ruang tamu, ruang keluarga, membersihkan halaman rumah dalam maupun luar dan membuang sampah pada tempatnya.

Dandim juga mengemukakan, selain syarat diatas, pemanfaatan lahan pekarangan juga menjadi poin penilaian,“Saya imbau, untuk pemanfaatan lahan juga perlu diperhatikan karena itu merupakan bagian dari penilaian, lahan pekarangan rumah bisa ditanami untuk tanaman seperti apotik hidup, tanaman hias, tanaman sayuran dan bisa dimanfaatkan untuk kolam ikan.”

Dandim berharap, kepada penghuni rumah dinas supaya menjaga kebersihan dalam, maupun luar rumah agar kesehatan keluarga tetap terjaga, serta mampu menciptakan suasana yang sejuk, menyenangkan, indah dan harmonis.

“Dengan adanya Lomba Rumah Sehat ini saya berharap, kepada seluruh anggota TNI maupun Persit mampu menjaga kebersihan rumahnya masing-masing dan sekitarnya sebagai upaya menjaga kesehatan keluarga, dan disamping itu untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah dengan menanami tanaman sayur-sayuran maupun apotik hidup sehingga bisa membantu kebutuhan rumah tangga sehari-hari untuk menghemat belanja,” pungkasnya. (WR/AM)

No comments

Powered by Blogger.