Peraturan Sering Berubah, Kecamatan Pati Bimtek Siskeudes

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Terkait pelaksanaan dan pengelolaan serta pelaporan Dana Desa (DD) yang sering berubah. Kecamatan Pati memberikan pelatihan petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis kepada operator desa se-Kecamatan Pati, Selasa (27-02-2018).

Pelaksanaan pelatihan yang lakukan di Kantor Kepala Desa Blaru tersebut, dimaksudkan untuk memberikan arahan dan cara mengoperasionalkan laporan berbasis komputer maupun secara online.

Camat Pati Kota, Sugiono mengemukakan, pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) sistem komputer ini, memang mensyaratkan operator atau perangkat desa harus melek teknologi. Apalagi, Kabupaten Pati sudah mengaplikasikan e-Goverment sebagai bentuk transparansi anggaran kepada masyarakat.

Pembinaan APBDes dengan Siskeudes tingkat Kecamatan Pati tahun anggaran 2018. (Warno/ISKNEWS.COM)

“Kami harus menyesuaikan inovasi yang ada. Apalagi ini sudah zamannya e-Goverment. Lantaran, pemerintah sudah menggunakan sistem elektronik atau internet,” kata pria yang sebelumnya menjabat Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati itu.

Lanjutnya, “Kami yang tua jangan sampai kalah dengan yang muda, soal teknologi informasi. Sehingga kami harus belajar, belajar dan belajar tentang itu, adanya Siskeudes ini memang sangat bagus. Sebab, Anggaran Pendapatan dan belanja Desa (APBDes) bisa dimonitor dan diawasi penggunaanya.” (WR/AM)

No comments

Powered by Blogger.