Panitia Imlek Kelenteng Hok Tek Bio Bantah Tudingan Cari Untung

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati – Kelenteng Hok Tek Bio yang berada di kompleks Pecinan, Jalan MH Thamrin, Pati, didominasi warna merah. Persiapan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2569 di tahun 2018 sudah hampir seratus persen.

Seperti tahun sebelumnya, panitia pun akan mengelar Pasar Imlek dengan membuka sejumlah lapak yang diperuntukkan para Pedagang Kaki Lima (PKL). Namun, menurut Panitia Pasar Imlek, Happy Irianto, pihaknya sedikit terusik dengan suara sumbang yang muncul belakangan ini.

“Ada sebagian orang yang menaruh pikiran negatif. Dikiranya kelenteng mencari untung dengan menyewakan lapak-lapak itu. Mbok jangan asal melempar omongan, kalau tidak tahu yang sebenarnya,” ucap Happy.


Rencananya, sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Setiabudi akan dipakai untuk Pasar Imlek. Lapak tersebut memang disewakan, namun ada prioritas bagi pelapak yang menjual produk unggulan Kabupaten Pati, yaitu harga sewanya hanya Rp 250 ribu. Sedangkan untuk pelapak bisnis, disediakan 30 stand dan dikenai biaya sewa masing-masing Rp 1,5 juta untuk tujuh hari.

“Adanya biaya sewa itu yang ditudingkan ke kelenteng mencari untung. Padahal biaya sewa itu ya kembali ke masyarakat. Diantaranya untuk kebersihan, angpau serta hidangan makan untuk umum selama tujuh hari,” rincinya.

Ditambahkan, jika dihitung sebenarnya panitia tidak mendapat keuntungan, karena harus menutup semua kekurangan biaya. Adapun kekurangan itu, nantinya ditanggung oleh para warga etnis Tionghoa yang ada di Pati.

“Silahkan mereka mau bilang apa, tapi yang pasti apa yang ditudingkan itu tidak benar. Kelentang hanya ngalap berkah dan tidak mencari keuntungan,” pungkas Happy. (IN/AM)

No comments

Powered by Blogger.