Optimalkan DD dengan Libatkan Masyarakat

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Pemanfaatan dan penggunaan Dana Desa (DD) dengan mengedepankan transparansi, terbukti sangat efektif dirasakan masyrakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Pagendisan, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati ini. Mulai dari perencanaan sampai pelaporan penggunaan DD, semua selalu dimusyawarahkan dan dikerjakan secara bersama-sama warganya.

Kepala Desa Pagendisan, Teguh Agung Nugraha, menekankan kepada seluruh jajaran perangkatnya, setiap melakukan pembanguan infrastruktur harus melibatkan warga sekitar lokasi yang dibangun untuk ikut bekerja.

"Saya selalu menekankan, agar potensi warga dapat dimanfaatkan sesuai visi dan misi Dana Desa," ujarnya, Rabu (28-02-2018).

Kepala Desa Pagendisan, Teguh Agung Nugraha saat ditemui di kediamannya. (Jarot/ISKNEWS.COM)

Diakui, dengan adanya DD dapat sedikit mendongkrak perekonomian warga, meski belum secara keseluruhan. Namun setidaknya, masyrakat ekonomi menengah ke bawah dapat merasakan manfaat DD, yaitu dengan cara ikut mengerjakan pembangunan infrastruktur yang bersumber dari DD.

"Adanya Dana Desa sangat bermanfaat sekali bagi warga, khususnya yang ekonominya menengah ke bawah. Karena mereka secara langsung dapat ikut bekerja," ungkapnya.

Selain mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pembangunan infranstrktur. Pemdes Pagendisan juga memanfaatkan BUMDes dengan maksimal, yakni untuk simpan pinjam secara umum.

"BUMDes kami buat untuk simpan pinjam secara umum. Alhamdulillah, administrasinya sangat tertib sekali dan tidak ada yang macet. Dana Desa tahun 2018 ini, kami merencanakan akan menambah lagi anggaran untuk BUMDes, supaya benar-benar dapat dinikmati warga masyarakat Pagendisan secara merata," pungkasnya. (WJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.