Mentan Bersama Bupati Pati Panen Raya di Desa Wotan

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Menteri Pertanian Andi Arman Sulaeman, Bupati Pati Haryanto dan Kodim 0718 Pati, melangsungkan panen raya padi di Desa Wotan, Kecamatan Sukolilo, Rabu (07-02-2018).

Dalam sambutannya Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan, komitmen pemerintah pusat terhadap petani tidak perlu diragukan, bukti bahwa Presiden Jokowi menyayangi petani adalah anggaran yang dipergunakan untuk membantu naik hingga ribuan persen.

"Bapak Presiden kita, Joko Widodo sangat menyayangi petani, sampai saat ini banyak bantuan yang digelontorkan untuk membantu petani, bahkan kenaikanya hingga ribuan persen. Hal ini merupakan cacatan sejarah dalam pemerintah selama ini," katanya.

Anggaran yang diberikan pemerintah untuk membiayai pembangunan infrastruktur penunjang, berupa pembangunan jalan pertanian, membangun embung, memperiki irigasi, juga berupa bantuan alat-alat pertanian.

Menteri Pertanian Andi Arman Sulaeman, Bupati Pati Haryanto dan forkopimda saat panen raya di Desa Wotan. 


"Banyak bantuan yang sudah diberikan kepada petani, untuk Kabupaten Pati sendiri terkait dengan bantuan alat-alat pertanian sudah lima ratus lebih. Baik mesin traktor, pompa air, mesin panen maupun mesin untuk tanam. Tidak hanya itu, bantuan infrastruktur pun juga di berikan, baik pembangunan embung, jalan usaha tani maupun pembangunan irigasi," lanjutnya.

Batuan asuransi buat petani diberikan oleh pemerintah, bahkan nilainya sangat fantastis hingga mencapai setengah milyar rupiah. Menurutnya, bantuan asuransi ini merupakan bantuan terbesar yang diberikan kepada petani dalam beberapa dekade pemerintah selama ini.

Mentan juga berharap, panen raya kali ini diharapkan bisa membantu persediaan pangan, bagi wilayah Kabupaten Pati dan sekitarnya, sehingga bisa mencukupi untuk beberapa waktu ke depan.

"Dengan hasil panen yang baik seperti ini, diharapkan dapat menambah stok pangan nasional, terutama yang ada di wilayah Jawa Tengah dan dapat menghilangkan kekhawatiran masyarakat atas kekurangan stok beras dan bisa menjaga stabilitas harga pangan," jelas Amran.

Sementara itu, Bupati Pati, Haryanto mengatakan, Kabupaten Pati merupakan lumbung pangan, hasil pertanian di Pati cukup bahkan surplus untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Pati.

"Saat ini petani yang ada di Kabupaten Pati, diperkirakan hingga Maret nanti melakukan panen raya, hasil panen kali ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Pati, bahkan bisa menyumbang ke daerah lain," paparnya.

Haryanto, juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, yang selama ini sudah banyak memberikan bantuan alsinta kepada petani.

"Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang selama ini diberikan Kementrian Pertanian, kami mencatat sudah lima ratus lebih alat pertanian yang diberikan oleh pemerintah pusat. Namun, bantuan tersebut belum mampu mencukupi kebutuhan petani, karena jumlah kelompok tani yang ada di Kabupaten Pati mencapai lebih dari seribu kelompok tani," sebutnya.

Bupati berharap, kepada pemerintah pusat untuk lebih memperhatikan kesejahteraan petani di Bumi Mina Tani. Mengingat, Kabupaten Pati termasuk daerah penyangga pangan di Indonesia. (WR/AM)

No comments

Powered by Blogger.