KPU Pati Gandeng Dinas Terkait Berharap DPS Valid dan Berkualitas

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati terus berpacu dengan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018. Setelah berhasil menyelesaikan Pencocokan dan Penelitian (Coklit), kini KPU segera menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Dalam persiapan penyusunan DPS tersebut, KPU Pati bahkan sudah melakukan rapat koordinasi. Hal itu disampaikan Komisioner KPU Pati, Ahmad Jukari, Rabu (28-02-2018). Koordinasi dengan dinas terkait perlu dilakukan, guna mempermudah Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Pilgub Jateng 2018.

Dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan Selasa (27-02-2018), menurut Jukari, diikuti oleh dinas dan lembaga terkait yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Pati dan Asisten II Sekretaris Daerah.

Komisioner KPU Pati, Ahmad Jukari saat menyampaikan penyusunan DPS Pilgub Jateng. (Istimewa)

Ditambahkan, secara umum pihak-pihak terkait siap membantu KPU dalam proses penyusunan DPS, dan memfasilitasi segala yang dibutuhkan KPU. Karena target dari kegiatan ini, data yang dihasilkan adalah daftar pemilih yang berkualitas dan valid.

"Intinya, mereka secara terbuka menyampaikan kesiapannya dalam membantu kami. Bahkan, Disdukcapil menyatakan siap jemput bola ke daerah-daerah terpencil dan perbatasan. Untuk memfasilitasi rekam data bagi pemilih yang belum ber KTP elektronik," ujar Jukari.

Jukari menambahkan, proses penyusunan DPS adalah hal fundamental. Muaranya adalah terbentuknya daftar pemilih yang berkualitas. Mengumpulkan stakeholder dikandung maksud agar semuanya bisa bersinergi secara baik.

“Kami mengundang pihak terkait untuk membicarakan langkah-langkah penyusunan DPS. Alhamdulillah, semua tahapan berjalan dengan baik, KPU dan Panwaskab juga sudah melaksanakan tugas sesuai ketentuan dan undang-undang yang berlaku. Kepolisian dengan KPU sudah melakukan kerjasama yang baik, dan harus dijaga sinergitas sampai jajaran paling bawah," sambungnya.

Jukari mengatakan, bahwa 2.337 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di seluruh Kabupaten Pati, telah selesai melaksanakan tugas dari 20 Januari 2018 sampai dengan 18 Februari lalu. Mereka juga dibantu 105 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 178 Panitia Pemungutan Suara (PPS). Semuanya siap membuat rekapitulasi dalam bentuk DPS. (IN/AM)

No comments

Powered by Blogger.