Kerajinan Sepatu Kulit Handmade Hamim Rambah Pasar Luar Pati

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Tak hanya terkenal dengan wisata kuliner dan alamnya yang eksotis, Bumi Mina Tani juga terkenal dengan berbagai produk kerajinan atau home industry kreatifnya. Bergeser ke wilayah Pati bagian Selatan, di salah satu perdukuhan yang terpencil, ternyata ada industri kreatif anak bangsa dengan kualitas yang tak disangka-sangka.

Ialah Hamim warga Dukuh Pelem Gatel, Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tamakromo, Pati. Di tangan cekatannya dia mampu mengolah kulit menjadi kerajinan sandal dan sepatu kulit klasik, khas industri rumahan.

Jangan ditanya kualitasnya, meski terbilang industri rumahan dan belum memiliki label, tetapi barang produksi Hamim tak kalah dengan industri skala besar maupun pabrikan. Mengingat, buah karyanya mampu merampah pasar daerah lain di luar Kabupaten Pati.

"Pasarannya saat ini baru di wilayah Pati dan Blora saja, soalnya masih terkendala dengan modal. Kalau full permintaan dalam sehari bisa memproduksi 10-15 pasang sepatu sandal. Kemudian, dua minggu sekali saya order ke sekolah-sekolah dan pasar di wilayah Pati dan Blora," tutur Hamim, Sabtu (24-02-2018).

Hamim warga Dukuh Pelem Gatel, Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tamakromo, Pati, sedang mengerjakan pembuatan sepatu secara manual. (Jarot/ISKNEWS.COM)

Dia mengaku, sudah mengelola kerajinan sandal dan sepatu kulit klasik ini, secara manual sejak 2016 silam. Bersama seorang temannya yang personel, Hamim memproduksi berbagai jenis sepatu dan sandal kulit klasik, serta sepatu sandal anak-anak serta wanita dengan berbagai model yang sedang tren saat ini.

Meski sudah bertahun-tahun menggeluti usaha ini, adapun kendala yang dihadapi dalam mengelola usahanya, diakui Hamim, hampir sama dengan industri kecil lainnya di tanah air, yakni terkendala pada modal dan pemasaran, serta pengadaan bahan baku saat banyak permintaan.

"Harapan saya dapat bekerja sama dengan Pemkab Pati, supaya dapat lebih berkembang lagi serta mampu menyerap banyak tenaga kerja dari warga Pati," harapnya.

Sementara, untuk mendapatkan bahan baku pembuatan sandal dan sepatu ini, Hamim mengaku, sudah mempunyai langganan sendiri yang menyediakan bahan kulit dari wilayah Jawa Timur.

Sedangkan, untuk aksesoris dan pernak-pernik pemanis sandal-sepatu, diperolehnya dengan berbelanja ke toko-toko grosir yang ada di Kota Pati.

"Semua bahan dasar saya beli dari wilayah Jawa Timur, lem produksi Indonesia, aksesoris beli dari Pati," jelasnya. (WJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.