Jurus Ampuh KPU Pati Dongkrak Partisipan

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati – Kabupaten Pati sering menjadi sorotan dalam pelaksanaan pemungutan suara di setiap kontestasi politik. Jumlah partisipan pemilih yang menggunakan hak suaranya, berbanding jauh dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Untuk mengantisipasi pengulangan kasus dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati, mulai mengatur strategi dan sasaran sosialisasi. Bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Pati, KPU Pati menggelar Rapat Kerja (Raker) di Aula KPU Pati, Senin (05-02-2018).

Menurut penjelasan Komisioner KPU Pati, Imbang Setiawan hasil rapat kerja nantinya akan menjadi strategi yang akan dipakai untuk sosialisasi informasi-informasi, terkait pelaksanaan Pilkada Jateng 2018. Dengan sasaran pemilih sesuai kondisi masyarakat lokal, sehingga tercapai apa yang ditargetkan.


"Sudah menjadi kewajiban kami sebagai penyelenggara, untuk memberikan informasi yang utuh kepada pemilih. Nah, bentuk kegiatannya apa saja, ini sedang kami rumuskan dan kami matangkan,” terangnya.

Dalam pembahasan itu, KPU juga merumuskan agenda sosialisasi pertemuan dengan kelompok sasaran. Juga kegiatan sosialisasi melalui pertunjukan seni budaya. Sehingga, antara satu kecamatan dengan kecamatan lain, akan berbeda strategi dan sasaran sosialisasinya sesuai dengan ciri khas warga lokal.

“Harapan kami, terkait dengan strategi sosialisasi kami menggunakan basis kelompok. Dimana terkait dengan informasi, kami informasikan melalui kelompok-kelompok masyarakat yang sekiranya terkait dengan informasi itu, bisa sampai ke masyarakat dengan baik. Bisa melalui kelompok tani kemudian melalui kelompok perempuan dan kelompok keagamaan yang ada di masing-masing daerah itu," imbuhnya.

Melalui strategi dan sasaran yang merupakan hasil keputusan raker itu. Informasi tahapan Pemilu juga dapat berjalan dengan baik dan bisa tersampaikan kepada masyarakat dengan baik pula.

"Target kami, warga yang mempunyai hak pilih bisa dan mau memberikan suaranya pada 27 Juni nanti," tandas Imbang. (IN/AM)

No comments

Powered by Blogger.