Dukung Jateng Lumbung Padi, Pemdes Bringinwareng Fokuskan Sektor Pertanian

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Setelah pembangunan infrastrukur yang hampir tersentuh secara merata. Pemerintahan Desa (Pemdes) Bringinwareng, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, saat ini memfokuskan Dana Desa (DD) tahun 2018 untuk menggarap di sektor usaha pertanian, untuk mendukung Jawa Tengah sebagai lumbung padi.

Dengan merencanakan pembangunan sejumlah titik jalan usaha tani, serta menguatkan pengelolaan BUMDes yang akuntabel, terinci serta transparan kepada seluruh warga masyarakat. Pemdes Bringinwareng meyakini DD dapat mendongkrak perekonomian warga secara merata.

Kepala Desa Bringinwareng, Mashudi : Warga kami petani, maka dari itu kami fokuskan DD tahun 2018 untuk pembangunan infrastrukur pertanian. (Jarot/ISKNEWS.COM)

Kepala Desa Bringinwareng, Mashudi menuturkan, meski perolehan DD tahun 2018 untuk Desa Bringinwareng mengalami penurunan. Pihaknya tetap berusaha untuk meng-cover beberapa kegiatan yang sudah disepakati pada waktu Musrenbangdes.

"Semula dalam Musrenbangdes ada 11 sampai 12 item yang akan dikerjakan melalui DD, namun setelah kami mendapatkan informasi bahwa perolehan DD mengalami pengurangan, kami hanya mampu meng-cover separuhnya saja," tuturnya, Senin (27-02-2018) petang.

Lebih lanjut, karena mayoritas warga Desa Bringinwareng berpenghasilan sebagai petani. Maka Pemdes menyepakati dalam pengelolaan DD diutamakan penguatan sektor pertanian. Selebihnya, untuk meneruskan pembangunan infrastrukur desa yang dikerjakan tahun 2017.

"Kalau jalan usaha tani sudah bagus, secara otomatis akan mendongkrak ekonomi warga, karena hampir seluruh warga saya berpenghasilan sebagai petani. Maka dari itu kami fokuskan DD tahun 2018 untuk pembangunan infrastrukur pertanian yang kami menyinkronkannya dengan BUMDes di bidang penjualan pupuk," pungkasnya. (WJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.