Dorong Desa Korporasi untuk Tingkatkan Ekonomi Pedesaan

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Dalam rangka untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan supaya bergerak cepat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati membuat langkah strategis, salah satunya menjadikan Desa Korporasi sebagai motor penggeraknya.

Sebagaimana dikemukakan Bupati Pati, Haryanto, Desa Korporasi merupakan badan usaha yang dikelola secara profesional. Nantinya, program ini dipergunakan sebagai sarana usaha mulai dari pertenakan, perikanan, pertanian dan usaha yang lain.

“Desa Korporasi yang disosialisasikan hari ini kami respon dengan baik, kemudian kami implemantasikan karena bagaimanapun Desa Korporasi merupakan kumpulan BUMDes dari babarapa desa. Dananya pun juga dari desa, oleh karenanya kami harus melakukan berbagai kajian dan menampung aspirasi dari masyarakat,” jelas Haryanto usai melakukan sosialisasi desa korporasi di Ruang Rapat Pragola Setda Pati, Jumat (29-02-2018).

Bupati Pati didamping Wakil Bupati dan Sekda saat melakukan sosialisasi pemantapan pembentukan Desa Korporasi. (Warno/ISKNEWS.COM)

Lebih lanjut Bupati juga menjelaskan, proses terbentuknya desa korporasi tersebut. Menurutnya, sosialisasi seperti ini termasuk salah satu dari tahapan proses pembentukan desa korporasi.

“Kita ketahui, Desa Korporasi melibatkan pemerintahan desa melalui BUMDesnya, untuk itu kami meminta kepada kepala desa untuk dimusyawarahkan dengan unsur pemerintahan desa bersama masyarakat. Setelah mendapatkan kesepakatan dari musyawarah, baru melakukakan MoU, itupun bersifat tidak memaksa dan harus untuk bergabung dengan Desa Korporasi,” tambahnya.

Disinggung terkait besaran dana yang digunakan untuk bergabung menjadi bagian dari Desa Korporasi. Haryanto mengatakan, bahwa besaran dana untuk saham diserahkan kepada hasil kesepakatan dari musyawarah yang dilakukan pihak desa.

“Terkait dengan dana dari desa ini belum kami pastikan jumlahnya, kami hanya sebatas fasilitator dan memberikan bantuan manajemen saja, untuk besaran dana kami serahkan kepada masing-masing desa sesuai dengan keputusan rapat,” tegasnya. (WR/AM)

No comments

Powered by Blogger.