Dijebol Tanah Lonsor Rumah Warga Plukaran Rusak Parah

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati – Masih tingginya curah hujan di Bumi Mina Tani, mengakibatkan bencana tanah longsor di Dukuh Bengkal Kulon RT 02/RW 07, Desa Plukaran, Kecamatan Gembong, Pati, Sabtu (03-02-2018) siang.

Dalam musibah bencana alam itu, satu rumah warga tercatat rusak parah akibat tertimpa longsoran tanah. Tidak hanya itu, seorang warga juga mengalami cidera dalam peristiwa siang bolong itu.

“Korban Sarni (55) mengalami bengkak pada kakinya karena tertimpa longsoran tanah. Saat kejadian korban sempat pingsan dan saat ini masih mengalami syok,” ujar Kapolres Pati, AKBP Maulana Hamdan melalui Kapolsek Gembong, AKP Giyanto.

Kapolsek melanjutkan, longsoran tanah tersebut menimpa korban yang saat kejadian, sedang berada di dapur. Sehingga, korban mengalami cedera pada kaki sebelah kanan dan pingsan di Tempat Kejadian Perkara (TKP).


Kali pertama, kejadian itu diketahui Surini (40) yang mendengar suara gemuruh di samping kanan rumahnya. Saat itulah dia mendapati tebing yang berada di sebelah rumahnya, telah longsor dan mengenai tembok rumah Sarini hingga jebol.

“Longsoran tanah merangsek ke dalam rumah dengan diameter kurang lebih berukuran 5 x 7 meter,” jelas AKP Giyanto.

Mendapatkan laporan adanya bencana tanah longsor di wilayah hukumnya. Jajaran Mapolsek Gembong segera mendatangi lokasi untuk turut membantu korban dan mengevakuasi sisa-sisa bencana.

“Segenap jajaran bersama Bhabinkibmas, Bhabinsa, Kepala Desa Plukaran beserta perangkatnya dibantu warga sekitar, membantu korban untuk membersihkan longsoran tanah yang mengenai rumah korban,” jelasnya.

Ditambahkan, akibat bencana alam itu pihak korban menderita kerugian material Rp 25 juta. Selain itu, tidak ada korban jiwa, hanya korban luka saja.

“Ketinggian tebing yang mengalami longsor lebih kurang 4 meter. Terjadinya longsor karena di wilayah Desa Plukaran diguyur hujan lebat mulai pagi sampai siang hari,” sebut AKP Giyanto. (AM)

No comments

Powered by Blogger.