Desa Sangat Tertinggal Dapat Tambahan DD Rp 300 Juta

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Pemerintah pusat pada 2018 ini, mengucurkan tambahan Dana Desa (DD) kurang lebih sebesar tiga ratus juta rupiah, untuk desa sangat tertinggal di Kabupaten Pati. Tambahan dana tersebut diberikan, mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan No 199 Tahun 2017.

Perihal adanya penambahan dana untuk empat desa, disampaikan Bupati Pati, Haryanto usai acara sosialisasi perhitungan DD, Tahun Anggaran (TA) 2018 di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (06-02-2018) siang.

Haryanto mengatakan, DD dilihat dari jumlah angkanya meningkat 15 persen dari jumlah anggaran tahun 2017. Pasalnya, untuk mengangkat desa dengan kategori desa sangat tertinggal dan desa tertinggal.


"Dana Desa untuk Tahun 2018 ini meningkat sekitar 15 persen, hal tersebut karena adanya peningkatan di empat desa dengan kategori desa sangat tertinggal sekitar Rp 300 juta dan desa tertinggal sebesar Rp 157 juta," ungkapnya.

Adapun kriteria penetapan menjadi desa sangat tertinggal dan desa tertinggal, diantaranya berdasarkan luas wilayah, jumlah penduduk dan penduduk miskin.

"Pihak kami, pemerintah daerah sebatas mengusulkan, namun yang menentukan apakah desa tersebut masuk kategori tertinggal atau sangat tertinggal adalah pemerintah pusat," tegasnya.

Sedangkan, terkait empat desa yang masuk dalam kategori desa sangat tertinggal, Bupati menjelaskan, "Empat desa itu adalah Desa Klakahkasihan, Pohgading Kecamatan Gembong, Desa Pangkalan Kecamatan Margoyoso dan Desa Jimbaran.” (WR/AM)

No comments

Powered by Blogger.