Cegah Intoleransi Polsek Batangan Sambangi Pemuka Agama

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Mengantisipasi terjadinya tindakan intoleransi di wilayah Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, jajaran Kepolisian Sektor Batangan rutin melakukan imbauan dan menyampaikan pesan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) kepada takmir Masjid di wilayah tersebut.

Maraknya tindakan intoleransi belakangan ini di sejumlah daerah, dirasa sangat menganggu kerukunan di tengah masyarakat. Terlebih, kejadian yang berbau SARA tersebut sebagian besar menimpa para pemuka agama.

Guna mengantisipasi hal tersebut terjadi di wilayah Kabupaten Pati, jajaran kepolisian giat melakukan penyuluhan dan penyampaian pesan kepada para tokoh masyarakat dan pemuka agama. Seperti yang dilakukan Kepolisian Sektor (Polsek) Batangan belum lama ini, di Masjid Baitul Muttaqin, Desa Gajahkumpul, Kecamatan Batangan.

Wakapolsek Batangan, Iptu Suyatna bersilaturrahmi dengan imam dan takmir Masjid Baitul Muttaqin, Desa Gajahkumpul, Kecamatan Batangan, Selasa (20-02-2018).

Kapolres Pati, AKBP Maulana Hamdan melalui Kapolsek Batangan, AKP Endah Setianingsih mengatakan, jajarannya rutin melakukan penyuluhan Kamtibmas kepada masyarakat. Selain untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif, juga mengantisipasi munculnya tindak intoleransi.

“Kegiatan ini rutin kami lakukan, bertatap muka langsung dengan tokoh masyarakat dan pemuka agama. Dengan berinteraksi langsung seperti ini, kami harapkan tidak akan terjadi tindakan intoleransi, apalagi berbau SARA di wilayah hukum kami,” jelas Endah, Rabu (21-02-2018).

Sementara, Imam Masjid Baitul Muttaqin, Desa Gajahkumpul, Kecamatan Batangan, Sutopo Alaydrus mengapresiasi, apa yang dilakukan jajaran Polsek Batangan. Ia mengatakan, tindakan intoleransi bukan hanya urusan aparat penegak hukum, tetapi seluruh komponen masyarakat.

“Kegiatan Bu Kapolsek dan jajarannya patut kita dukung. Masyarakat kami imbau jangan mudah terprovokasi dengan gerakan atau tindakan yang sifatnya memecah belah. Kerukunan yang menjadi ciri khas umat beragama harus kita jaga,” ujar Sutopo. (IN/AM)

No comments

Powered by Blogger.