Toko Makanan Ringan Pasar Porda Juwana Terbakar

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati – Diduga akibat korsleting listrik, sebuah toko makanan ringan di kompleks Pasar Porda Juwana, turut Desa Kebonsawahan, Kecamatan Juwana, Pati, dilalap api, Minggu (21-01-2018) petang.

Tanggap bencana penanganan pemadaman kebakaran di “Toko Manunggal” kompleks Pasar Porda tersebut, sangat cepat dilakukan oleh masyarakat setempat. Sehingga api tidak menjalar ke toko-toko lainnya, mengingat lokasi toko yang berdempetan.

“Karena respon cepat warga sekitar, kebakaran yang terjadi sekitar jam 18.30 WIB itu bisa cepat diredam,” ungkap Kapolres Pati, AKBP Maulana Hamdan melalui Kapolsek Juwana, AKP Didi Dewantoro.

Diperkirakan, pemilik toko Podo (60) warga Desa Raci RT 04/RW 04, Kecamatan Batangan, Pati, akibat kebakaran tersebut, menderita kerugian hingga jutaan rupiah. Pasalnya, sejumlah barang dagangan sebagian hangus dimangsa si jago merah.


“Toko permanen dengan ukuran 3 x 4 meter, dinding toko terbuat dari tembok dan lantai terbuat dari tegel,” jelasnya.

Data yang berhasil dihimpun menyebut, sekitar pukul 18.30 WIB, Yoyok (34) melihat kepulan asap yang berasal dari dalam Toko Manunggal kompleks Pasar Porda Juwana. Selanjutnya, dia memberitahukannya kepada warga.

“Kemudian masyarakat secara bersama-sama membuka rolling door yang digembok dari luar dan berusaha memadamkan api,” terang Kapolsek.

Ditambahkan, api dapat dipadamkan pada pukul 19.15 WIB, dengan bantuan masyarakat sekitar yang menggunakan Tabung Apar (alat pemadam api ringan -red) dan air dari sekitar pasar.

“Diduga penyebab kebakaran yakni korsleting arus listrik dari saklar atau stop kontak di lokasi,” masih AKP Didi, “Seyogyanya Dinas Pasar menyediakan tabung apar di kantornya yang dapat digunakan sewaktu-waktu, sehingga dapat meminimalisir terjadinya bencana kebakaran.” (AM)

No comments

Powered by Blogger.