Tertangkap Buang Sampah di Sungai Kena Denda 1 Juta Rupiah

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati – Seorang perempuan harus merelakan uang 1 juta rupiah, karena kedapatan membuang sampah di Sungai Bango, Desa Cebolek, Kecamatan Margoyoso, Senin (29-01-2018). Warga menangkap langsung perempuan yang diketahui bernama Yayuk tersebut, ketika membuang sampah di sungai sekitar pukul 06.00 WIB.

Peristiwa penangkapan serupa, menurut Kepala Desa Cebolek, Agung Kuswoyo, sudah yang ketiga kali pasca ditetapkannya Peraturan Desa (Perdes) Nomor 2/2015 yang melarang buang sampah di sungai diundangkan.

"Penangkapan dilakukan warga pas pagi hari. Dan ini sudah yang ketiga kalinya. Kalau pelaku lain, justru tertangkapnya jam 03.00 Subuh. Pelaku memang melanggar Perdes tentang Lingkungan Hidup,” jelasnya.


Ditambahkan, setelah ada kesepakatan dengan warga, pihaknya mengenakan denda sebesar Rp 1 juta. Jika pelaku keberatan, pihaknya tak segan membawa permasalahan tersebut ke polisi. Agung mengaku, sanksi tersebut tidak harus diberlakukan secara tegas, asal pelaku bersikap kooperatif, maka denda bisa diberlakukan sesuai kemampuan.

“Kan tidak semua orang mempunyai uang sebanyak itu. Bahkan pelaku tadi meminta mengangsur denda sebanyak lima kali," tuturnya.
Seharusnya, imbuh Agung, dalam Perdes tentang Lingkungan Hidup yang diketahui oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Pati sejak 2015 lalu, disebutkan, sanksi denda minimal Rp 2 juta dan maksimal Rp 10 juta. Bahkan, jika di kepolisian dendanya bisa mencapai Rp 50 juta. (IN/AM)

No comments

Powered by Blogger.