Temukan 14 Dugaan Penyelewengan, FPPD Semirejo Adukan Kades Ke Dewan

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Dengan membawa data berisikan 14 dugaan penyelewengan yang dilakukan kepala desanya, puluhan pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Desa (FPPD) Semirejo, Kecamatan Gembong, Pati, mendatangi Kantor DPRD Pati, Kamis (18-01-2018). Mereka melaporkan dugaan penyelewengan tersebut dan meminta instansi terkait untuk segera menindak lanjuti.

Koordinator FPPD, Gunawan mengatakan, para pemuda yang tergabung dalam FPPD mempunyai data dugaan penyelewengan yang dilakukan Kepala Desa Semirejo. Mulai dari pengolahan dana Pam Simas, penyelewengan aset desa, pembongkaran dan pembangunan balai desa yang tidak transparan, hingga penambangan liar di desa tersebut. Setidaknya ada 14 dugaan penyelewengan yang terdata.

Dikatakan, dari temuan mereka ada aset banda desa dan bengkok yang disewakan kepada sekelompok orang. Terkait penyewaan tersebut, warga maupun Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sama sekali tidak dilibatkan. Selain itu, mereka juga menyebutkan adanya dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan Kepala Desa Semirejo.


“Kami datang ke DPRD ini agar difasilitasi, dipertemukan dengan instansi terkait agar kami bisa mengadukan keluhan warga. Sebab, laporan yang kami layangkan ke Kejaksaan dan kami tembuskan ke Bupati Pati, sampai saat ini belum ada kejelasan,” ujar Gunawan usai audiensi.

Sejauh ini, imbuhnya, mereka mempunyai banyak temuan dan bukti-bukti adanya tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh Kades Semirejo. Para pemuda Desa Semirejo ini mengaku bingung dengan informasi yang disampaikan oleh perangkat desa setempat, terkait sewa lahan aset dan banda desa.

“Menurut keterangan perangkat desa, hasil sewa sebanyak Rp 480 juta. Sementara, pada saat kami melakukan audisensi yang difasilitasi oleh Muspika, hasil sewa dikatakan mendapat Rp 580 juta. Ada juga informasi yang dimasukkan ke rekening kas desa sebanyak Rp 175 juta. Jadi, informasinya ini berubah-ubah,” tambahnya.

Dia berharap, agar segala bentuk penyelewengan yang dilakukan oleh Kades Semirejo, segara ditindak lanjuti oleh pihak terkait. Apalagi, dalam setiap pembangunan, pemdes dinilai kurang transparan. (IN/AM)

No comments

Powered by Blogger.