Program Jambanisasi, Warga Triguno Tidak Lagi BAB Sembarangan

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Pemerintah Desa (Pemdes) Triguno, Kecamatan Pucakwangi, Pati, membuat program jambanisasi bagi warga yang belum memiliki jamban sehat. Program yang berjalan mulai 2016 lalu, kini sudah tuntas.

Jambanisasi ini menjadi penting, mengingat untuk menghindarkan dari penyakit berbahaya yang diakibatkan Buang Air Besar (BAB) sembarangan. Kepala Desa Triguno, Legiyo mengatakan, pihaknya telah membuat jamban sedikitnya untuk 105 Kepala Keluarga (KK) sejak 2016 – 2017 lalu.

"Selain untuk membangun infrastruktur desa, kami juga menganggarkan untuk jambanisasi kepada 105 kepala keluarga.Pembuatan jamban untuk warga ini, terdiri atas tiga dukuh. Yakni di Dukuh Dopang, Ketri dan Kutuk," ujarnya, Jumat (19-01-2018).

Menurutnya, program jambanisasi tersebut sebagai salah satu upaya memfasilitasi dan membiasakan warga untuk hidup bersih dan sehat. Sehingga ke depan, warga di Desa Triguno bisa lebih sadar untuk berperilaku sehat, termasuk tidak buang air besar sembarangan.


Masih Legiyo, sebelumnya cukup banyak warga yang masih terbiasa buang air besar di sungai atau kakus. Sehingga, hal seperti itu dinilai kurang bersih dan sehat.

"Dalam hal ini kami berupaya untuk membuat program jambanisasi, dengan membuatkan warga yang belum punya jamban dibuatkan jamban. Sehingga, kebiasaan buang air besar di sungai atau kakus dihilangkan," bebernya.

Legiyo juga menyatakan, jika hanya sekedar imbauan untuk tidak buang air besar sembarangan, cukup sulit dilaksanakan. Untuk itu, pihaknya memfasilitasi dengan membuat program jambanisasi tersebut.

"Menghilangkan kebiasaan itu memang cukup sulit kalau hanya sekedar imbauan. Maka yang kami lakukan adalah menyediakan bagi mereka yang belum punya jamban," ungkapnya.

Dengan setiap KK memiliki jamban, dirinya berharap kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan bisa lebih terjaga. "Warga pun kini tak perlu lagi ke sungai atau kakus, kalau misalnya malam-malam ingin BAB," tuntasnya. (WR/AM)

No comments

Powered by Blogger.