KPU Pati Bakal Langsungkan Coklit Serentak

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati kini menggerakan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di wilayah kerjanya, untuk melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit). Rencananya, KPU bakal melaksanakan coklit data pemilih secara serentak pada Sabtu, (20/01/2018) mendatang.

Komisioner KPU Pati, Divisi Perencanaan dan Pendataan, Ahmad Jukari menjelaskan, seluruh PPDP Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, harus segera bergerak melakukan coklit data pemilih.

“Keharusan PPDP melakukan coklit itu berdasarkan surat KPU RI tertanggal 10 Januari 2018,” terangnya seusai Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Daftar Pemilih kepada anggota PPK se-Kabupaten Pati di Aula KPU Pati, belum lama ini.



Pada Coklit Serentak yang akan dilaksanakan 20 Januari nanti, lanjutnya, sekurang-kurangan lima kartu keluarga (KK) untuk setiap anggota PPDP. Dan untuk itu KPU RI mewajibkan semua anggota PPK, PPS dan KPU baik ditingkat Kabupaten, Provinsi hingga Pusat, untuk melakukan pendampingan bagi PPDP ketika melakukan coklit di wilayah kerja masing-masing.

Ditambahkan, saat coklit serentak mendatang pihaknya melibatkan 2.337 PPDP. Setidaknya, akan ada 11.685 keluarga yang akan di coklit pada hari itu. Namun sebelumnya, PPDP akan diberikan bimbingan teknis secara serentak pada 16 - 17 Januari 2018.

“Kami mengadakan bimbingan teknis untuk PPK se-Kabupaten Pati sebagai proses awal pemutakhiran data pemilih Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. Kami harapkan 17 Januari 2018 semua PPDP sudah selesai di bimtek. Sehingga pada 20 Januari 2018 nanti semuanya bisa melakukan coklit secara serentak di semua TPS,” terangnya.

Bimbingan teknis untuk PPK, pungkas Jukari, agar PPK dapat memantau dan memastikan semua warga yang memiliki hak pilih agar tidak kehilangan hak pilihnya.

"Saat ini kita sudah menyalurkan seluruh logistik untuk keperluan PPDP melakukan Coklit Serentak. Mereka akan dibekali tanda pengenal, berkas A-KWK atau daftar pemilih, buku kerja PPDP, buku A.A.1-KWK, topi, stiker dan sejumlah peralatan coklit lainnya," bebernya.

No comments

Powered by Blogger.