Kinerja K3S Kecamatan se-Kabupaten Pati Dievaluasi

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Dalam rangka meningkatkan kinerja dan memantabkan program untuk menuju pendidikan yang berkualitas, Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3S) Kabupaten Pati menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan ketua K3S tingkat kecamatan yang digelar di salah satu rumah makan di Pati, Selasa (23-01-2018).

Rakor tersebut dimaksudkan untuk merespon program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan tingkat sekolah dasar, setelah adanya peleburan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan.

Ketua K3S Kabupaten Pati, Sulihono mengatakan, salah satu pembahasan dalam rakor yakni evaluasi kinerja K3S di masing-masing kecamatan. Hal itu diperlukan, agar fungsi K3S semakin maksimal.

"Kita mengumpulkan semua ketua K3S kecamatan untuk klarifikasi kinerja K3S yang sudah berjalan dan rencana program yang akan datang. Sebab, wadah ini perlu kita maksimalkan untuk meningkatkan mutu pendidikan," ujarnya.


Selain itu, pihaknya juga membahas terkait kepala sekolah yang sebentar lagi bakal dilantik menjadi kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SD. Sebab, jika hal itu sudah terlaksanannya, katanya, secara otomatis bisa berhubungan langsung dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten. Baik hal itu berhubungan input data atau lainnya yang berkaitan dengan kemajuan siswa.

"Tentu hal ini ada hubungannya dengan fungsi K3S. Kemudian, kami juga membahas terkait masa transisi, dimana kepala Disdikbud tingkat kecamatan nantinya tidak ada dan diganti dengan Kordinator Wilayah (korwil). Sejauh ini belum ada SK yang pasti terkait korwil tersebut, dan juga tidak ada pelantikan," imbuhnya.

Pihaknya dalam hal ini mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Disdikbud Kabupaten Pati, baik dengan kepala bidang SD, kurikulum dan lainnya yang merupakan penasehat dari K3S.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menekankan agar K3S di tingkat kecamatan benar-benar melaksanakan fungsinya dengan baik, sehingga peningkatan kualitas pendidikan bisa terwujud.

"Untuk pertemuan K3S seperti ini, kami lakukan secara rutin setiap bulan. Banyak yang kami bahas, terkait pengembangan prestasi siswa maupun guru," pungkasnya. (WR/AM)

No comments

Powered by Blogger.