Kepala BPN Pati Bersama Bupati Serahkan Sertifikat Murah

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati – Kepala BPN Kabupaten Pati, Yoyok Hadi Mulyo Anwar bersama Bupati Pati, Haryanto serta Forkofinda menyerahkan secara simbolis sertifikat hak atas tanah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Aula Gedung Haji, Kecamatan Sukolilo, Sabtu (27-01-2018) pagi.

PTSL anggaran 2017 tersebut untuk 11 desa diantaranya Desa Sukolilo, Cengkalsewu, Langgenharjo, Sitirejo, Langse, Ngurenrejo, Karangmulyo, Kepoh, Karang, Wonosekar dan Desa Karangrejo.

Diketahui, sebanyak 40.000 kuota sertifikat masal, 25.000 sertifikat sudah terselesaikan. Sementara sisanya, yakni 15.000 sertifikat yang merupakan peralihan dari Program Prona ke PTSL, saat ini masih dalam proses penyelesaian di Kantor Pertanahan Kabupaten Pati, yang secara simbolis dibagikan kepada masyarakat pada pagi ini.


Menurut Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pati, Yoyok Hadi Mulyo Anwar, kendala yang dihadapi dalam program PTSL di tahun 2017, selain kekurangan tenaga di BPN Kabupaten Pati juga kondisi topografi bidang tanah yang bakal diukur.

"Misalnya di daerah lembah, lereng dan perbukitan yang tentunya mempunyai tingkat kesulitan tersendiri di lapangan," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pati, Haryanto menuturkan dalam sambutanya, pada 2018 ini Kabupaten Pati memperoleh alokasi 45 ribu bidang sertifikat, yang nantinya akan dibagi seluruh desa se-Bumi Mina Tani.

Animo masyarakat tentunya sangatlah besar, mengingat biaya sertifikat reguler yang biasanya menghabiskan biaya 2 - 2,5 juta rupiah, dengan program sertifikat murah ini hanya mengeluarkan biaya kisaran 500 ribu rupiah saja.

"Sertifikat ini harus disimpan baik-baik, karena ini dokumen yang sangat penting, jangan sampai rusak. Dan apabila akan digunakan hendaklah digunakan untuk tambahan modal," pesan Bupati. (WW/AM)

No comments

Powered by Blogger.