Hati-Hati Buang Sampah di Desa Cebolek

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati – Sejak diberlakukanya Peraturan Desa (Perdes) Nomor 2 Tahun 2015, tentang Lingkungan Hidup, tercatat tiga warga yang sudah dikenai sanksi akibat melanggar peraturan tersebut. Pemerintah Desa Cebolek, Kecamatan Margoyoso, Pati, juga tidak serta merta memberikan sanksi bagi warganya, namun juga dilihat batas kemampuan warga.

Perdes yang melarang warganya membuang sampah sembarangan, terutama di sepanjang aliran sungi di wilayahnya, terang Kepala Desa Cebolek, Agung Kuswoyo, menerapkan sanksi denda minimal 2 juta rupiah dan maksimal 10 juta rupiah.

“Ini bukan masalah besaran dendanya, yang terpenting bisa memberi efek jera bagi pelakunya. Jadi, jangan coba-coba membuang sampah sembarangan di sungai. Ini demi kebersihan lingkungan bersama,” terang Agung.


Ditambahkan, belum lama ini ada seorang perempuan warga Jember, Jawa Timur, namun sudah lama menetap di Desa Kajen, yang tak jauh dari Desa Cebolek, ditangkap warga pada pagi hari karena kedapatan membuang sampah di Sungai Bango. Perempuan tersebut dikenai sanksi denda 1 juta rupiah.

"Meski aturannya jelas, tapi denda kami sesuaikan kemampuan. Asal pelaku kooperatif dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya,” ujar Agung.

Terkait denda 1 juta rupiah tersebut, imbuh Agung, nantinya akan dibagi dua, yaitu Rp 500 ribu untuk petugas kebersihan sungai, dan sisanya untuk kas RT warga yang menangkap pelanggar.

Agung berharap, peraturan dengan sanksi tegas nantinya bisa menjadikan wilayah Desa Cebolek lebih bersih, sehingga masyarakat akan lebih nyaman. Terutama aliran sungi yang tadinya menjadi tempat pembuangan sampah, akan kembali bersih. (IN/AM)

No comments

Powered by Blogger.