Tim Verfak KPU Pati, Kesulitan Temui Anggota Partai PSI

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Gelaran Verifikasi Faktual (Verfak) keanggotaan Partai Politik (Parpol) baru yang telah lolos verifikasi administrasi untuk menyemarakkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, telah dilangsungkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati, belum lama ini.

“Saat ini, kami tengah melangsungkan verfak partai persatuan Indonesia (Perindo) dan satunya adalah partai solidaritas Indonesia (PSI),” terang Komisioner KPU Pati, Supriyanto, Sabtu (30/12/2017).


Dari kedua parpol tersebut, lanjut dia, Partai Perindo memiliki jumlah anggota yang diverfak sebanyak 145 anggota. Sedangkan untuk Partai PSI KPU menyebut partai tersebut memiliki sebanyak 100 anggota.

“Khusus untuk jumlah anggota yang diserahkan Partai PSI sangat riskan. Mengingat, jika ada satu saja anggota tidak bisa ditemui dan nantinya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) maka Partai PSI di Pati dinyatakan tidak lolos verifikasi,” ungkapnya.

Hal itu dikarenakan, kata Supriyanto, jumlah yang ditentukan KPU pusat untuk jumlah anggota Parpol di tingkat Kabupaten minimal memiliki 1.000 anggota aktif.

“Dari verifikasi yang dilakukan di Desa Purwokerto, Kecamatan Tayu, Pati, kami menemukan satu anggota Partai PSI yang akan kami verifikasi ternyata telah meninggal dunia,” paparnya.

Selain temuan tersebut, imbuh Supriyanto, juga sudah ada laporan dari tim verifikator lain yang menyatakan tidak bisa menemui sejumlah anggota Partai PSI di rumahnya, saat hendak dilakukan verifikasi.

Ditambahkan, apabila dalam verfak yang dilakukan oleh KPU Pati dengan mendatangi rumah anggota parpol, yang diverifikasi belum juga bisa bertemu. Maka KPU akan memberikan kesempatan kepada pengurus parpol bersangkutan, untuk bisa menghadirkan anggotanya pada 2 Januari 2018 mendatang di Kantor KPU Pati.

“Jika kemudian parpol tetap tidak bisa menghadirkan, tentu keanggotaan dianggap TMS. Dan mereka akan diberi kesempatan sekali lagi, untuk melakukan perbaikan pada 7-14 Januari,” bebernya.

Komisioner KPU Pati yang merupakan Koordinator Divisi Hukum ini mengaku, turut ambil bagian dan turun lapangan melakukan verfak keanggotaan Partai Perindo di wilayah Kecamatan Tayu dan Dukuhseti.

“Nantinya apakah Partai PSI dan partai baru yang lain bisa mengikuti Pemilu 2019 atau tidak, akan diumumkan oleh KPU RI pada 17 Februari 2018 mendatang,” tutupnya.

No comments

Powered by Blogger.