Tanggulangi Perusahaan Nakal, Disnaker Pati Buka Posko Pengaduan UMK

Lintaspati.isknews.com, Lintas Pati - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pati meminta agar ratusan perusahaan di Bumi Mina Tanim untuk menerapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Pati, sebesar Rp 1.585.000 atau mengalami kenaikan sebesar 11,87 persen pada tahun 2018.


Diketahui, di Kabupaten Pati kurang lebih ada sebanyak 600 perusahaan. Jika ditemukan adanya perusahaan yang tidak membayarkan upah sesuai kebijakan. Agar pihak buruh melaporkannya ke Posko Pengaduan UMK 2018.

“Untuk penetapan UMK tersebut kami sudah melangsungkan sosialisasi kepada perusahaan dan pekerja. Bahkan, kami membuat posko pengaduan terkait hal itu,” terang Kepala Disnaker Pati, Subawi melalui Kabid Hubungan Industrial, Hendri Kristiyanto, belum lama ini.

Lanjutnya, sosialisasi tersebut telah digelar Disnaker di Aula Kantor Disnakertrans pada Rabu (06/12/2017) kemarin. Dengan begitu, jika ada perusahaan yang tidak menerapkan kebijakan itu, maka pihaknya akan memberikan sanksi berat kepada perusahaan nakal.

Bukan tanpa kendala, karena banyaknya perusahaan yang berada di Kabupaten Pati. Pihaknya tidak bisa mensurvei satu persatu perusahaan. Meski begitu, pihaknya berupaya untuk memonitor perusahan-perusahaan.

“Jika memang ada perusahaan yang belum menerapkan UMK 2018, bisa melaporkan kepada dinas, melalui posko pengaduan,” jelasnya.

No comments

Powered by Blogger.