Sungai Meluap, Puluhan Rumah Warga Kertomulyo Kebanjiran

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Tingginya intensitas hujan belakangan ini, membuat sungai turut Desa Kertomulyo, Kecamatan Margoyoso, Pati, meluap. Imbasnya, pemukiman warga Dukuh Kemiri mengalami kebanjiran luapan air bah, Kamis (14/12/2017) kemarin.


Dari pantauan isknews.com di lapangan, Jumat (15/12/2017) saat ini air sudah mulai surut, dan aktifitas warga mulai kembali normal. Terlihat, antara Pemerintah Desa (Pemdes), TNI/Polri dan masyarakat bahu membahu membersihkan sisa-sisa banjir.

“Banjir kemarin diakibatkan meluapnya sungai, karena sungai tidak mampu menahan tingginya debit air. Sehingga, air meluap dan membanjiri pemukiman warga,” beber Kepala Desa Kertomulyo, Susanto.

Apalagi, lanjut dia, ditambah dengan tersebumbatnya aliran sungai oleh ranting, patahan pepohon bercampur sampah di salah satu jembatan. Imbasnya banjir tidak dapat dihindarkan.

Menanggapi persoalan itu, pemdes, aparat dan elemen masyarakat bahu membahu membersihkan sampah yang menyumbat sungai, dan bergotong royong membersihkan saluran air. Mengingat, intensitas hujan masih tinggi, sehingga langkah cepat diperlukan.


“Kalau sungai dan aliran air tidak dibersihkan takutnya akan terjadi banjir susulan. Karena saat ini, hujan masih saja terjadi,” paparnya.

Diketahui, banjir tersebut masuk ke pemukiman warga sekitar jam 14.00 WIB. Di Dukuh Kemiri RT 05/RW 06, air bah yang masuk ke rumah warga mencapai 20 sentimeter lebih. Tidak hanya itu, sedikitnya 50 rumah warga terimbas.

“Setelah hujan reda, air banjir berangsur-angsur surut, ada sekitar 50-an rumah warga yang kebanjiran,” tandasnya.

No comments

Powered by Blogger.