Pemkab Bangun Landmark Kabupaten Berjuluk Bumi Mina Tani

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mempercantik kawasan Alun-alun Simpang Lima Pati, dengan huruf timbul di sebelah Timur lokasi tersebut. Bukan tanpa alasan, pembangunan itu bertujuan untuk menegaskan landamark Bumi Mina Tani, yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM).


"Pembangunan tulisan huruf timbul ini sebagai tambahan nilai estetika Alun-alun sebagai ruang publik. Dan menjadi satu kesatuan dari alun-alun itu sendiri, selain landmark tentunya,” jelas Kasi Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Sutejo, melalui Staf Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Ariyanto Wibowo.

Ukuran bangunan ini nantinya, lanjut dia, memiliki panjang 17 meter. Lebarnya sendiri yakni satu meter dan tinggi 3,8 meter. Pondasi bangunan ini menggunakan pasangan batu bata merah. Sementara, untuk hurufnya menggunakan material acrilik dengan menggunakan rangka besi hollow.

"Saat malam hari akan berhiaskan dengan lampu RGB yang bernyala warna-warni. Sedangkan di siang hari, warna juga bisa muncul dari fin. Tentunya alun-alun menjadi makin indah dilihat mata," paparnya.

Ditambahkan, pembangunan ini direncanakan rampung tanggal 20 Desember besok. Tak tanggung-tanggung, pemkab mengucurkan anggaran sebesar 194 dari APBD perubahan, untuk mempercantik perwajahan ruang publik itu.

Selain membangun tulisan huruf timbul imbu Ariyanto, “Nantinya juga akan dilakukan pemindahan jalur kabel listrik sisi Timur yang semula melintang di atas bangunan. Nantinya kabel-kabel itu akan ditanam, sehingga tidak akan mengganggu sisi atas dan tidak mengurangi kecantikan pemandangan.”

No comments

Powered by Blogger.