Ombudsman Jateng Sambangi Kantor Inspektorat Pati

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Menindaklanjuti adanya laporan masyarakat terkait dugaan maladministrasi hasil audit penyelewengan APBDes Semampir, oleh oknum petugas auditor di Kantor Inspektorat Pati, Ombusdman Jawa Tengah menyambangi Bumi Mina Tani, Jumat (15/12/2017) kemarin.


“Atas dasar laporan masyarakat tersebut, kami datang ke Inspektorat Pati untuk melakukan klarifikasi,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan Ombusdman Jateng, Sabarudin Hulu.

Tidak sendiri, Sabarudin datang ke Kabupaten Pati bersama tiga personilnya untuk menguak kebenaran informasi tersebut. Sayangnya, dalam rapat tertutup itu, Kepala Inspektorat Pati Sumarsono Hadi tidak berada di tempat dan diwakilkan Kabid Irban Auditor Inspektorat Pati, Dadit Mangestono.

Selepas rapat internal, Sabarudin menjelaskan ihwal kedatangan mereka, terkait adanya indikasi maladminitrasi oleh petugas Inspektorat Pati, saat membuat hasil laporan permasalahan penyelewengan APBDes Semampir.

Dalam laporan itu, pelapor menyebutkan jika Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang dibuat Inspektorat Pati terkait permasalahan penyelewengan APBDes Semampir, tidak sesuai dengan keterangan para saksi yang sudah dimintai keterangan oleh Inspektorat, dan isi laporanya tidak sesuai fakta di lapangan.

“Sementara, keterangan petugas inspektorat yang menangani masalah ini, mengaku tidak pernah meminta keterangan para saksi,” jelas Sabarudin.

Lanjutnya, “Karena selama pemeriksaan ini pihak Inspektorat hanya meminta keterangan dari terlapor saja, dalam hal ini menjadi terlapor adalah mantan Kepala Desa Semampir, Pramono.”

Ditambahkan, LHP menyoal penyelewengan APBDes Semampir, sudah diserahkan ke Polres Pati pada bulan April 2017 lalu, karena kasus tersebut sebelumnya juga telah dilaporkan ke Polres Pati.

“Jadi kalau memang ada pihak yang keberatan terkait LHP dari Inspektorat, bisa lapor ke penyidik polisi, karena perkara ini sudah ditangani kepolisian” terangnya.

1 comment:

Powered by Blogger.