GITJ Trangkil Susun Pohon Natal Unik Dari CD Bekas

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Memang ada-ada ide kreatif dari jamaat Gereja Injil Tanah Jawa (GITJ) Trangkil ini. Hampir setiap perayaan hari Natal, mereka selalu membuat ornamen pohon natal dengan cara yang unik.


Damai kasih Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember, selalu ditunggu umat Kristiani sejagad, tanpa kecuali di Bumi Mina Tani. Bahkan untuk menyambut Natal, tak jarang para umat berkreasi membuat Pohon Natal yang unik dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Jika tahun lalu, jemaat menggunakan sampah plastik menjadi pohon natal, kali ini mereka bereksperimen dengan memakai empat ribu keping compact disk (CD) bekas, untuk membuat pohon simbol hari natal setinggi 6 meter.

Kemegahan dan keceriaan hari raya semakin menggelora, mana kala malam tiba. Meningat, kerlap-kerlip lampu Light Emitting Diode (LED) yang menghias pohon natal dari CD itu, seolah mengajak jamaat untuk menyenandungkan puji-pujian, dan lebih dekat dengan Tuhan.

“Setiap tahuannya selalu ada perubahan bahan baku yang kami gunakan untuk membuat pohon natal. Kalau tahun lalu kami menggunakan botol plastik bekas, kali ini menggunakan keping CD bekas, ini merupakan respon kami untuk memanfaatkan barang bekas,” tutur Kreator Pohon Natal GITJ Trangkil, Harsono, Jumat (22/12/2017).

Lebih lanjut, pohon yang menghiasi gereja yang terletak di esa Tegalharjo, Kecamatan Trangkil, Pati itu, ide awalnya mucul tak terduga bahkan tanpa rencana.“Ide itu muncul secara spontan, kami tidak pernah merencanakan terlebih dahulu,” terangnya.


Bukan pekerjaan mudah, Harsono dan jemaat lain harus berburu kepingan CD bekas dari pengepul barang bekas. Berkarung-karung barang bekas pakai itu yang berjumlah 4.000 keping.

Selanjutnya, dilubangi dengan cara mengebornya untuk memudahkan ketika dirangkai menggunakan kawat kecil. Kemudian, susunan CD itu disusun di pipa besi yang menjadi dasar rangka pohon natal.

“Pipa ini kami bentuk secara melingkar lalu mengerucut ke atas. Kalau rangkaiannya sudah jadi, kami tinggal memasangkan kepingan itu di rangka pohon natal yang sudah jadi,” bebernya.

Tak berhenti sampai disitu, untuk menambahkan keelokan pohon natal itu, pihaknya menghiasinya dengan lampu LED. Serta, memberikan efek pencahayaan yang indah dengan bantuan lampu spot.

No comments

Powered by Blogger.