Gara-gara Stop Kontak Bercabang, Rumah Supriyati Kebakar

LINTAPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Jangan menggunakan stop kontak bercabang penuh untuk disalurkan di barang-barang eletronik anda. Apalagi, meninggalkannya masih terpasang dan menyalurkan daya. Akibat tindakan seperti itu, rumah warga Kampung Bendan RT 05/RW 04, Kelurahan Pati Kidul, Kecamatan/Kabupaten Pati, terbakar hebat, Selasa (19/12/2017) malam.



“Hasil penyelidikan kami, api berasal dari konsleting stop kontak bercabang yang meleleh,” ungkap Kapolres Pati, AKBP Maulana Hamdan melalui Kapolsek Pati Kota, Iptu Pujiati.

Kobaran api dapat dipadamkan kurang lebih satu jam kemudian, oleh masyarakat sekitar, pihak kepolisian dengan dibantu dua unit PMK Damkar.

“Masyarakat sempat mendobrak paksa pintu rumah tersebut, karena pemilik rumah Supriyati (60) saat itu tidak berada di rumah dan mengunci pintu rumahnya,” jelas Iptu Pujiati.

Kronologinya, ungkap dia, pada saat Supriyati pergi ke rumah anaknya di Desa Sekarkurung, Kecamatan Margorejo, Pati. Korban meninggalkan kediamannya dengan barang-barang elektronik masih tercolok di stop kontak.


“Dia memiliki kebiasaan memasang ala-alat elektroniknya di stop kontak bercabang. Saat dia meninggalkan rumah, dan berpikir tak apa meninggalkan rumah dalam keadaan begitu,” sebutnya.

Tak lama selepas ditinggal pergi, warga melihat kepulan asap keluar dari arah rumah korban. Karena rumah terkunci saat hendak memadamkan api, warga terpaksa menjebol paksa pintu itu, supaya api tidak membesar.

“Sehingga api bisa dipadamkan pukul 19.50 Wib. Dan bekas sisa-sia kebakaran seperti kulkas dan dispenser bisa dikeluarkan,” terangnya.

Ditambahkan, karena respon cepat masyarakat dan petugas, api tidak sampai merangsek ke pemukiman warga lainnya. Selain itu, diperkirakan korban menderita kerugian hingga Rp 2,5 juta, akibat musibah itu.

No comments

Powered by Blogger.