Elokanya Wisata Pesona Gunungsari, Destinasi Baru di Pati

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Pati - Bemodal keelokan pesona alam yang dianugrahkan Tuhan, Pemerintah Desa (Pemdes) Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Pati, sukses menjadikan desanya sebagai destinasi wisata yang kaya akan pemandangan yang memanjakan mata, bertajuk Pesona Gunungsari.


Tidak sampai disitu, sekali melangkah para pelancong juga bisa mengunjungi objek Air Terjun Toya Manik, Kali Peken Situs Pomanajar, Situs Termulus, bahkan Wana Wisata yang tidak akan habis menjadi background cantik swafoto.

Meski terbilang baru, pengelolaan destinasi wisata ini terbilang bagus. Pihak pemdes yang bekerja sama dengan perhutani terlihat serius menggarapnya.

Terbukti, mulai dari akses jalan, serta sarana dan prasarana pendukung dilengkapi sedemikian rupa, termasuk asuransi bagi pelancong. Sehingga, sangat nyaman sebagai lokasi berpelesir atau menghabiskan akhir pekan.

Bahkan, dari segi keselamatan pengunjung, pihak pengelola menggandeng Hansip, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan semua elemen masyarakat.

“Meski baru dibuka pada tanggal 2 Desember kemarin, lokasi wisata ramai dikunjungi ribuan pengunjung. Sehingga, masyarakat juga terbantu ekonominya dengan adanya ini,” tutur Pengelola, Rushadi (45) saat ditemui isknews.com.

Penggarapan yang serius bukan tanpa alasan, lanjutnya, objek Pesona Gunungsari berawal dari tidak adanya lahan bengkok desa yang berimbas kosongnya pendapatan asli desa. Berangkat dari sana, Pemdes Gunungsari berinisiatif memanfaatkan kekayaan alam dengan membuka destinasi wisata.

“Tidak hanya bagi pemdes saja, tujuan kami membuka desa wisata guna menambah income desa, juga meningkatkan ekonomi desa dan masyarakat, agar masyarakat tidak lagi merantau,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pati, Wiyadi mengapresiasi dengan adanya tempat wisata Pesona Gunungsari, mengingat dalam perjalanannya objek tersebut melibatkan semua unsur masyarakat.

“Ini menjadi cambuk bagi kami, ini merupakan sebuah potensi yang sangat luar biasa. Ada tiga komponen yang bersinergi meliputi pemerintah sebagai pembina, pelaku usaha, pihak swasta dan masyarakat,” tukasnya.

Ditambahkan, daya dukung lingkungan masyarakat untuk Sapta Pesona, antara pemerintah dengan masyarakat diharapkan terus bergotong royong bersama, untuk memajukan desa wisata ini. Mengingat, kekayaan pesona alamnya yang berlimpah ruah.

No comments

Powered by Blogger.