Decop Ajarkan Bahasa Isyarat Dan Membaca Braile Kepada Masyarakat

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Belajar bisa di mana dan dengan siapa saja, hal itu yang ingin disampaikan Deaf Community Of Pati (Decop) kepada khalayak Bumi Mina Tani. Dengan semangat toleransi tinggi, sejumlah muda-mudi nampak asyik belajar bersama penyandang disabelitas di depan Kantor Satlantas Polres Pati, Minggu (17/12/2017).


Mereka tampak bercakap-cakap menggunakan bahasa isyarat dengan menggunakan tangannya. Ada pula, lantunan merdu ayat-ayat suci Al Qur’an braile dengan bacaan fasih, menggunakan jemarinya untuk mengeja bait demi bait.

Bagi sebagian orang yang tidak seksama, mungkin mengira wanita yang menggemakan ayat Illahi tersebut bukan seorang tuna netra.

Menurut, Pembina Decop, Dwi Yulianto, kegiatan tersebut sebagai gerakan kampanye untuk menyandingkan antara orang berkebutuhan khusus dengan masyarakat umum. Bahkan, secara sabar mereka mengajari masyarakat yang tertarik menggunakan bahasa isyarat, maupun membaca dan menulis huruf braile.

“Diharapkan dengan pengenalan bahasa isyarat itu, nantinya masyarakat tidak canggung dan bisa berkomunikasi dengan luwes saat bertemu dengan tuna netra, tuna wicara, dan tuna rungu,” tuturnya.

Lanjutnya, gebrakan ini langkah awal agar penyandang disabelitas tidak hanya mampu berkomunikasi dengan komunitasnya saja. Melainkan, juga bertujuan untuk mendekatkan mereka berkomunikasi serta berinteraksi dengan masyarakat lainnya.

“Sekarang ini, gerakan orang berkebutuhan khusus mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Bahkan dalam komunitas tersebut mereka juga mulai mengembangkan berbagai bakat dan ketrampilannya,” ungkapnya.

Sementara itu, penyandang tuna netra, Putri mengaku potensinya semakin berkembang dengan gelaran tersebut. Bahkan, dirinya senang banyak masyarakat yang ingin belajar membaca huruf braile kepadanya.

“Harapan kami pasti ada, khususnya bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, untuk menyediakan buku-buku bacaan dengan huruf braile di Arpuskab Pati,” harapnya.

No comments

Powered by Blogger.