Batik Unik Bercorak Windu Sewu Khas Bumimulyo

LINTASPATI.ISKNEWS.COM, Lintas Pati - Warga Desa Bumimulyo, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, mulai mengembangkan kerajinan batik dalam beberapa bulan terakhir ini. Ikon Udang Windu terpilih menjadi motif khas batik, karena dinilai sesuai dengna karakter Desa Bumimulyo.

Ketua TP PKK Desa Bumimulyo, Sri Muryanti mengatakan, batik yang dikembangkan oleh warganya tersebut sudah berjalan sekitar setengah tahun. Hal itu setelah puluhan ibu-ibu mengikuti pelatihan membatik yang diadakan pemerintah desa setempat.

"Batik khas Desa Bumimulyo ini kita namakan Windu Sewu atau Udang Seribu. Motif ini kami sesuaikan dengan karakter desa kami, yang terdapat banyak lahan tambak udang maupun ikan," sebutnya.


Dengan adanya motif khas Udang Sewu tersebut, dirinya berharap nantinya akan batik Bumimulyo akan dikenal tidak hanya di desa setempat saja, tetapi juga di Kabupaten Pati bahkan di luar daerah.

Katanya, pembuatan batik tersebut juga sebagai salah satu upaya pemerintah desa untuk memberdayakan masyarakat. Sebab,melalui usaha pembuatan batik tersebut, bisa menyerap tenaga kerja dari masyarakat setempat, khususnya ibu-ibu.

"Ini salah satu peluang untuk menyerap tenaga kerja. Sebab, jika memang batik khas Bumimulyo ini nantinya dapat dipasarkan secara luas, tentu akan banyak membutuhkan tenaga kerja," jelasnya.

Sejauh ini, katanya, pesanan terhadap batik khas Bumimulyo sudah lumayan banyak, baik dari desa setempat maupun dari luar daerah. Baik itu dari perorangan maupun lembaga atau instansi.

Dirinya juga menyatakan, jika secara kualitas, batik khas Bumimulyo tidak kalah dengan batik yang ada di pasaran. Bahkan katanya, harganya pun bisa bersaing dengan batik lain.

lanjutnya, untuk mempromosikan batik khas Bumimulyo, pihaknya juga bekerja sama dengan pemerintah desa setempat. Di mana, perangkat desa nantinya akan mengenakan batik khas Bumimulyo sebagai seragam yang akan dipakai setiap Kamis.

Kedepan, pihaknya akan terus mengembangkan batik khas Bumimulyo tersebut. Tidak hanya motif Udang Sewu saja, namun juga akan membuat motif lain yang dinilai sesuai dengan kondisi alam atau karakter di Bumimulyo.

No comments

Powered by Blogger.